BISNIS ONLINE

Dr. Laura Lahindah, SE., MM.


Ketua Program Studi

FOKUS KEILMUAN

Trend era digital menyebabkan dunia bisnis harus didesain berbasiskan teknologi. Program Studi Bisnis Online merupakan program studi yang sangat aplikatif di mana mahasiswa akan dibimbing langsung selama setahun terakhir untuk menghasilkan prototipe. Program Studi Bisnis Online memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan mata kuliah-mata kuliah pilihan yang lebih banyak dan melengkapi pengetahuannya dalam menciptakan bisnis yang berbasis teknologi. Lulusan Bisnis Online memiliki kompetensi yang luas dalam bidang kreatif, business dan IT.

Kurikulum Program Studi Bisnis Online di Harapan Bangsa Business School dirancang untuk menghasilkan sarjana Bisnis Online dengan profil lulusan sebagai berikut:

Sikap dan Tata Nilai

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki integritas, mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas di atas kepentingan pribadi.
  • Memahami panggilan hidup dengan jelas, berdasarkan identitas jati diri yang dibangun berdasarkan kebenaran ilahi.
  • Memiliki komitmen dan karakter unggul yang memampukan lulusan untuk memberikan dampak positif dalam pekerjaan dan lingkungannya.

Kompetensi Inti

  • Memiliki pengetahuan mengenai konsep Pengembangan dan Manajemen Bisnis Digital.
  • Mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen operasional yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan/pengarahan, dan pengendalian dalam berbagai aktivitas organisasi dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Mampu mengembangkan teknik-teknik pemasaran digital (Digital Marketing) dengan pemanfaatan teknologi informasi.
  • Mampu memecahkan masalah dengan dengan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif melalui pengembangan alternatif solusi secara kreatif, memanfaatkan data dan informasi primer maupun sekunder secara tepat dan benar.
  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip tata kelola dalam kegiatan operasional organisasi.
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki integritas, mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas di atas kepentingan pribadi.
  • Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu melakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai.

Kompetensi Pendukung

  • Memiliki financial literacy, pengetahuan dasar dalam bidang marketing, akuntansi, dan manajemen proyek serta mampu mengaplikasikan dalam konteks profesi Bisnis Online.
  • MMampu bekerja dalam tim dan mampu berkomunikasi dengan efektif termasuk dengan Bahasa Inggris.
  • Mampu belajar mandiri dan berkelanjutan sesuai tuntutan profesi.
  • Memiliki sertifikasi kompetensi dalam bidang digital-marketing.
PROSPEK KARIR

Seorang Sarjana Bisnis Online dapat bekerja di berbagai jenis industri, seperti:

  • Industri jasa konsultan manajemen.
  • Industri manufaktur dan jasa.
  • Industri perbankan, keuangan, dan pasar modal.
  • Industri berbasis sumber daya alam: pertanian, kehutanan, pertambangan, dan energi.
  • Lembaga pemerintah dan sektor publik, dan lain sebagainya.

Pada saat memulai karirnya, seorang sarjana Bisnis Online dapat bekerja di berbagai fungsi dalam sebuah perusahaan:

  • Manajemen SDM
  • Keuangan
  • Digital marketing
  • Membangun start up, baik digital maupun non-digital
  • Konsultan proyek bisnis online
  • Research & Development, dan sebagainya
KURIKULUM

SEMESTER 1

SKS

General Management
3
Pola Berpikir Kreatif dan Inovatif 3
Pengembangan Perangkat Lunak I 3
Prak. Pengembangan Perangkat Lunak I 1
Infrastruktur Teknologi Informasi I 3
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3
Pendidikan Agama 2
English I 2

Total SKS

20

SEMESTER 2

SKS

Statistika Bisnis 3
Perilaku Konsumen 2
Pengembangan Perangkat Lunak II 3
Praktikum Pengembangan Perangkat Lunak II 1
Infrastruktur Teknologi Informasi II 2
Core Skills And Character 2
Bahasa Indonesia 2
English II 2

Total SKS

17

SEMESTER 3

SKS

Riset Pemasaran
3
Manajemen Rantai Pasok 3
Accounting Principles 4
Marketing Management 4
Komunikasi Media Online 2
Leadership and Enterpreneurship
MK Pilihan 1 2
MK Pilihan 2 2

Total SKS

20

SEMESTER 4

SKS

Valuation 2
Business Strategy 2
Visual Content 3
Pengembangan Aplikasi Web 3
Praktikum Pengembangan Aplikasi Web 2
Operation & Service Management 3
Internship 2
Career Planning

Total SKS

17

SEMESTER 5

SKS

Pemasaran Digital I 3
Praktikum Pemasaran Digital I 1
Naskah Periklanan 3
Online Branding 2
Manajemen Pengembangan Perangkat Lunak 2
General Computer Skills and Communication Skills
MK Pilihan 3 2
MK Pilihan 4 2
MK Pilihan 5 2

Total SKS

17

SEMESTER 6

SKS

Pemasaran Digital II 3
Praktikum Pemasaran Digital II 1
Pengembangan Aplikasi Mobile 3
Praktikum Pengembangan Aplikasi Mobile 1
Analisis Data 3
Praktikum Analisis Data 1
User Interface Design 3
SAP ERP Introduction
Career Roadmap
MK Pilihan 6 3

Total SKS

18

SEMESTER 7

SKS

Final Project – Ideation 3
Final Project – Selection 3
Final Project – UI/UX Design 6
Final Project – Prototype Development 6

Total SKS

18

SEMESTER 8

SKS

Final Project – Prototype Testing 2
Final Project – Business Plan Strategy and Business Plan 4
Final Project – Business Plan Operation 4
Final Project – Business Plan Marketing 4
Final Project – Business Plan Valuation 4

Total SKS

18