DKV ITHB JUARA 3 DENGAN BANDRING : BANDUNG ORIGINAL THINGS

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung terus mendukung setiap kegiatan yang dapat membantu kemajuan kebudayaan serta pariwisata kota Bandung. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mendukung CMYK selaku komunitas yang mendukung kreativitas anak muda untuk mengadakan kompetisi yang diberi nama Babarengan Pameran Marathon (BaPerThon) 2019. Kompetisi ini dimulai sejak tanggal 4-5 April 2019 yang lalu dan diikuti oleh 11 universitas di kota Bandung. Semua hasil karya mereka dipamerkan secara bersamaan dalam acara BaPerThon 2019 di 23 Paskal Mall pada tanggal 26–28 April 2019 yang lalu.

Tim Desain Komunikasi Visual (DKV) ITHB yang terdiri dari Ivan Anugrah, Eugenia Sonya, dan Jason Irawan pun membuat sebuah media kreatif yang dinamakan BANDRING, yang merupakan singkatan dari Bandung Original Things. Bandring adalah media kreatif berisi informasi mengenai produk lokal custom Bandung, dengan tujuan utama yaitu memperkenalkan produk kerajinan bandung ke pasar internasional.

“Untuk rencana ke depan, kami ingin Bandring ini dapat diaplikasikan di bandara nasional dan internasional. Dan kita berharap akan ada peningkatan minat turis baik domestik maupun mancanegara terhadap produk lokal Bandung melalui adanya Bandring buatan kami ini,” jelas Ivan.

Penggunaan kata Bandring sendiri cukup unik. Karena ternyata ada makna tersendiri dari nama ini dimana Bandring bukan hanya sekedar singkatan semata. “Nama Bandring berasal dari kata ‘Bandering’, dimana menurut KBBI, Bandering adalah kata benda yang berarti batu yang diikat di ujung tali yang dilemparkan dan disangkutkan pada benang layang-layang dan sebagainya yang akan diambil atau pengumbang tali.” ujar Jason saat ditanyakan ide awal memakai nama Bandring.

Penjurian kompetisi Babarengan Pameran (Baper) 2019 dimulai pada tanggal 26 April 2019. Booth ITHB pun dinilai langsung oleh dewan juri yang terdiri dari Ibu Tris Avianti (Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Bandung), Eka Sofyan Rizal (Desainer Grafis Indonesia) dan Hardian Eko Nurseto (Dosen Antropologi UNPAD). Di hari ke-2 pameran, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Ibu Dewi Kaniasari, S.Sos., MA. juga turut berkunjung ke booth lomba ITHB.

“Saya sungguh mengapresiasi positif media Bandring ini dan saya ingin media ini bisa langsung diaplikasikan di bandara-bandara nasional dan internasional untuk meningkatkan kunjungan wisata belanja di Kota Bandung,” ucap Ibu Dewi bersemangat.

Dan di hari ke-2 pameran, ITHB diumumkan berhasil mendapatkan Juara ke-3 mengalahkan 8 universitas lainnya, seperti MARANATHA, UPI, UNIKOM, TELKOM University, BSI, STDI, UNPAS, dan UNIBI. Bahkan banyak pihak industri yang menawarkan mahasiswa DKV ITHB lowongan magang dan menawarkan untuk bekerja bersama mereka setelah melihat hasil karya yang dipamerkan dalam acara BaPerThon 2019.

 

Berikut ini adalah video demo Bandring: Bandung Original Things karya Ivan, Eugenia dan Jason.

Sekali lagi selamat untuk tim DKV ITHB!
DKV ITHB, selalu seru berada di antara yang terbaik!

About the author