MANAJEMEN

Dr. Laura Lahindah, SE., MM.


Ketua Program Studi

FOKUS KEILMUAN

Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengontrol penggunaan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan.

Program manajemen di Sekolah Bisnis Harapan Bangsa menawarkan empat konsentrasi fungsional; Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Bisnis Internasional.

Kurikulum Manajemen di ITHB khusus dirancang untuk:

  1. Memiliki pengetahuan mengenai konsep Manajemen Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia serta Manajemen Operasional dan Stratejik untuk menciptakan nilai bagi organisasi.
  2. Mampu melakukan fungsi-fungsi manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian dalam berbagai aktivitas organisasi serta menguasai konsep dan teknik-teknik pemasaran, dan pemanfaatan teknologi informasi untuk kepentingan e-Marketing.
  3. Mampu mengumpulkan, menganalisis informasi, dan mengembangkan alternatif solusi secara kreatif dengan kelompok maupun mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola, etika profesi dan integritas.
  4. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu melakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai.
  5. Mahasiswa dibimbing, dibekali ilmu dan diberikan kesempatan untuk melakukan penelitian dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional dan Manajemen Sumber Daya Manusia melalui penyelesaian Kerja praktek dan Tugas akhir sehingga mahasiswa juga siap untuk mengimplementasikan kemampuan di dunia kerja.

 

PROSPEK KARIR

Setelah menyelesaikan studi di bidang ini, lulusan bisa mengejar karir di posisi umum atau fungsional seperti HR, keuangan, pemasaran, operasi atau bahkan mendirikan perusahaan start-up dalam berbagai jenis industri, seperti: manufaktur, logistik, perdagangan, transportasi, energi, konsultasi, jasa keuangan dan layanan lainnya.

PROFIL LULUSAN MANAJEMEN SESUAI KURIKULUM 2015

Oleh karena itu, profil lulusan Manajemen STIE-HB dirumuskan sebagai berikut: Management Executive, Marketing Executive, dan E-Marketing/Digital Marketing Specialist.

KURIKULUM

SEMESTER 1

SKS

Pengantar Bisins (MG)
3
Manajemen Umum (MG) 2
Perilaku Organisasi 3
Ekonomi Mikro 3
Agama 2
Pancasila dan Kewarganegaraan 3
English I 2
Matematika Bisnis 3

Total SKS

21

SEMESTER 2

SKS

Organisasi BIsnis 2
Perilaku Konsumen 2
Pengantar Akuntansi I 3
Praktikum Pengantar Akuntansi I 1
Statistika I 3
Ekonomi Makro 3
Core Skills And Character 2
Bahasa Indonesia 2
English II 2

Total SKS

20

SEMESTER 3

SKS

Manajemen Pemasaran
3
Komunikasi Bisnis dan Organisasi 3
Pengantar Akuntansi II 2
Praktikum Pengantar Akuntansi II 1
Manajemen Keuangan 3
Statistika II 3
Sistem Moneter Internasional 3
Pengantar Aplikasi Komputer 2
Prak.Pengantar Aplikasi Komputer  1

Total SKS

21

SEMESTER 4

SKS

Manajemen Penjualan 2
Manajemen Merek 3
Komunikasi Pemasaran Terpadu 2
Akuntansi Biaya 3
Analisis Sekuritas dan Valuasi 3
Manajemen Opreasional I 3
Manajemen Sumberdaya Manusia I 3
Career Plannning
Konsep ERP dan Simply Accounting

Total SKS

19

SEMESTER 5

SKS

Pemasaran Digital I 3
Manajemen Hubungan Pelanggan 3
Akuntansi Manajemen 3
Perpajakan 2
Manajemen Operasional II 3
Manajemen Sumber Daya Manusia II 3
SAP Introduction to SAP ERP with GBI V2 2
General Computer Skills and Communication Skills
 Manajemen Kinerja 2

Total SKS

21

SEMESTER 6

SKS

Pemasaran Digital II 3
Riset Pemasaran 3
Manajemen Ritel 2
Visual Merchandising 2
Manajemen Stratejik 3
Manajemen Rantai Pasok 3
Metodologi Penelitian Bisnis 3
Career Roadmap
Sistem Informasi Manajemen 2

Total SKS

21

SEMESTER 7

SKS

Sistem Pengendalian Manajemen 3
Seminar Manajemen 3
Mata Kuliah Pilihan 3
Kerja Praktek 2
Leadership and Entrepreneurship
SAP Business Process Integration I 2

Total SKS

13

SEMESTER 8

SKS

Tugas Akhir 6
Mata Kuliah Pilihan 3

Total SKS

9