TENTANG BANDUNG

 

About-Bandung

Bandung terkenal sebagai kota yang beriklim sejuk (sekitar 16 – 28oC) dan menjadi salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak universitas ternama.

Puluhan ribu mahasiswa yang berasal dari seluruh kota, dalam dan luar negeri, menjadi bagian penting dari kota yang dihuni oleh tiga juta penduduk ini. Besarnya jumlah mahasiswa di Bandung meningkatkan kesempatan dalam pembangunan jejaring sosial dan bisnis yang langgeng.

Bagi mahasiswa, khususnya mereka yang belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung adalah kota yang memiliki daya tarik tersendiri karena Bandung memberikan mereka kesempatan yang luas untuk melakukan magang di beberapa perusahaan besar seperti PT Telkom, PT Inti, PT LEN, PT KAI, PT Pos Indonesia, dan Bandung Digital Valley yang semuanya berkantor pusat di kota tersebut. Sebagai ‘Kota Pelajar’, Bandung menyediakan fasilitas-fasilitas yang diperlukan oleh mahasiswa seperti tempat tinggal, transportasi dan lain-lain dengan biaya terjangkau.

Pada umumnya Bandung dianggap sebagai kota yang lumayan lebih aman dan kondusif, termasuk dari sudut pandang perkembangan keagamaan, dibandingkan dengan kota-kota metropolitan lainnya di Indonesia. Di Bandung, mahasiswa Kristiani dapat secara aktif berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dan keagamaan seperti Navigators, Sion, Perkantas, LPMI, dan lain-lain.

AKOMODASI

Beragam tempat tinggal untuk mahasiswa tersedia di Bandung: apartemen, kamar atau rumah yang disewakan, dan lain sebagainya. Sebagian besar mahasiswa luar daerah menyewa kamar (disebut dengan ‘kost’) yang dibayar setiap bulan atau tahun. Beberapa pemilik rumah sewa menyewakan kamar hanya kepada mahasiswa berjenis kelamin tertentu saja.

Harga sewa (termasuk segala keperluan) mulai dari Rp500.000,00 hingga Rp2.000.000,00 per bulan bergantung pada lokasi dan fasilitas kamar. Kamar-kamar standar umumnya menyediakan satu tempat tidur, meja, kursi dan lemari. Mahasiswa dikenakan biaya tambahan jika mereka menggunakan peralatan-peralatan listrik seperti televisi, TV kabel, koneksi internet, komputer, kulkas, penyejuk udara, dan lain-lain. Beberapa pemilik rumah sewa menentukan harga sewa yang sudah termasuk layanan penatu. Mahasiswa juga dapat memilih layanan penatu lain yang menentukan harga berdasarkan berat pakaian.

Bagi mahasiswa yang lebih menyukai jenis rumah sebagai tempat tinggal, mereka dapat menyewa dengan harga sewa kira-kira Rp10.000.000,00 per tahun (bergantung pada lokasi dan fasilitas rumah). Apartemen bertipe studio juga tersedia dengan harga sewa Rp2.500.000,00 per bulan.

Mohon menghubungi kami melalui Unit Layanan Mahasiswa jika memerlukan informasi lebih lanjut perihal tempat tinggal. Unit Layanan Mahasiswa mengunjungi tempat tinggal mahasiswa yang berada di sekitar kampus dan mengevaluasi fasilitas-fasilitas yang disediakan secara teratur. Unit ini memberikan rekomendasi tempat tinggal berdasarkan hasil evaluasi di lapangan.

TRANSPORTASI

ITHB berlokasi strategis di Jalan Dipati Ukur dan terhubung atau dekat dengan jalan utama Bandung yaitu Jalan Ir.H.Juanda (Dago) dan Jalan Merdeka. Di sekitar kampus terdapat beberapa toko buku, pujasera, restoran, mini market, Anjungan Tunai Mandiri, bank, SPBU, rumah sakit, fashion factory outlets, dan pusat perbelanjaan. Sebagian besar dari tempat-tempat tersebut dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau berkendaraan dari kampus selama lima menit. Lokasi kampus juga dilewati oleh beberapa rute transportasi umum seperti bus dan angkutan kota.


RESTORAN DAN KAFE

ITHB memiliki sebuah pujasera yang terletak di Lantai 5 dan menyediakan beraneka macam makanan dengan harga yang terjangkau. Mahasiswa juga dapat mengunjungi tempat-tempat penjualan minuman dan makanan di sekitar kampus seperti kantin, restoran, dan kafe yang menjajakan hidangan Sunda, Jawa, Padang, Cina, Jepang dan Eropa.